16:04 WIB - Kasubbag Humas Polres Kampar Sampaikan Pesan Pemilu Damai Melalui Talk Show Di Radio 09:25 WIB - Irwasda Polda Riau Antar Keberangkatan Kombes Pol. Drs. Suwarno SH 14:20 WIB - Kapolda Riau Pimpin Sertijab Dua Pejabat Utama Polda Riau 10:46 WIB - Kapolres Kampar Pimpin Tradisi Pelepasan Personil Purna Bakti 10:36 WIB - Kapolda Riau Berikan Reward Kepada Jajaran Reskrim Dan Narkoba Polresta Pekanbaru 10:21 WIB - Kabag Ops Polres Inhu Pimpin Upacara Bulanan Dihalaman Mapolres
 
Perairan Laut Riau, Jalur Manis Peredaran Gelap Narkoba
Res Narkoba | Kamis, 19-04-2018 - 16:17:18 WIB
Penulis: AA

TERKAIT:
 
  • Perairan Laut Riau, Jalur Manis Peredaran Gelap Narkoba
  •  

    tribratanewsriau.com. Kawasan pantai timur Sumatera menjadi wilayah paling laris manis dijadikan tempat transaksi narkoba. Pelabuhan tikus di Riau menjadi salah satu jalur favoritnya.

    Sebagaimana diberitakan oleh kantor berita medanbisnisdaily com bahwa panjang pantai di Riau diperkirakan lebih dari 1.200 Km. Di kawasan itulah, selalu menjadi pilihan bagi bandar narkoba untuk memasok barang haram dari Malaysia. Jarak pantai Riau dengan Malaysia yang berdekatan, menjadi transportasi laut sebagai transportasi dalam pengiriman narkoba.

    Transaksi ini bisa dilakukan di tengah laut di jalur internasional. Pengiriman barang haram dari Malaysia nantinya ditampung pembeli dari Indonesia. "Mereka ini bertransaksi di tengah laut. Narkoba yang dipasok dari Malaysia akan ditampung di tengah laut yang selanjutnya masuk ke wilayah Riau," kata Dir Resnarkoba Polda Riau, Kombes Haryono, Kamis (19/4).

    Dari tengah laut, para pelaku membawanya memasuki wilayah pantai yang ada di Riau. Mereka selalu mencari titik lemah aparat yang berpatroli. Kapal yang membawa narkoba berusaha menghindari kecurigaan dari aparat yang bertugas di wilayah laut.

    "Kadang mereka bersandar di pelabuhan resmi. Tapi lebih banyak mereka bersandar di pelabuhan tikus yang sulit dipantau," kata Haryono. Begitupun, Polda Riau dan jajarannya sudah berulang kali menggagalkan penyelundupan narkoba hingga puluhan kilogram. Baik narkoba yang dibawa langsung oleh warga negara Malaysia atau warga masyarakat Riau sendiri sebagai penadahnya.

    "Dari sejumlah kasus yang kita tangani, ada WN Malaysia yang ditangkap. Walau paling banyak warga kita sendiri yang ikut dalam sindikat ini," tambah Wadir Resnarkoba Polda Riau, AKBP Andri Sudarmadi.
    Para pembawa narkoba dari tengah laut Selat Malaka ini, juga lihai untuk melihat daerah mana yang dianggap aman agar bisa merapat ke pantai. Mereka bisa memilih di beberapa perairan yang ada di Riau.

    Bisa jadi kapal membawa narkoba itu masuk perairan Meranti, atau mereka bersandar perairan Bengkalis. Pilihan lainnya, ada di Dumai, Rohil, Siak, atau Inhil. Seluruh kawasan pesisir pantai Riau ini dijadikan tempat sasaran kapal pembawa narkoba untuk bersandar.

    "Makanya kita tetap memantau dari segala sisi. Tidak hanya pelabuhan tikus yang kita pantau, pelabuhan resmi pun tetap kita perhatikan. Karena juga sering di pelabuhan resmi pun tertangkap membawa narkoba," kata Andri.




     
    Berita Lainnya :
  • Humaniora
    Kasubbag Humas Polres Kampar Sampaikan Pesan Pemilu Damai Melalui Talk Show Di Radio
  • BinKam
    Irwasda Polda Riau Antar Keberangkatan Kombes Pol. Drs. Suwarno SH
  • Humaniora
    Kapolda Riau Pimpin Sertijab Dua Pejabat Utama Polda Riau
  • Humaniora
    Kapolres Kampar Pimpin Tradisi Pelepasan Personil Purna Bakti
  • Humaniora
    Kapolda Riau Berikan Reward Kepada Jajaran Reskrim Dan Narkoba Polresta Pekanbaru
  • Humaniora
    Kabag Ops Polres Inhu Pimpin Upacara Bulanan Dihalaman Mapolres
  • Giat Administrasi
    Kapolda Riau Pimpin Upacara Bulanan di Halaman Mapolda Riau
  • Humaniora
    Polda Riau Kejar Pelaku Penyelundupan Narkoba Sampai Ke Bali
  • Humaniora
    Apel Gabungan Lintas Instansi Dalam Rangka Penyambutan dan Penyerahan Anugerah Piala Adipura tahun 2
  • BinKam
    Biro Sdm Polda Riau Sosialisasi Penerimaan SIPSS Tahun 2019 Di RRI Pekanbaru
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Sabtu, 19-Januari-2019 | Jam Digital
    © 2015 TRIBRATA NEWS RIAU, All Rights Reserved
    replica handbags replica watches uk