12:28 WIB - Tiga Tersangka Perusakan Bendera Partai Di Pekanbaru Telah Ditahan 10:13 WIB - Kapolda Riau Hadiri Peresmian Mako Lanud Roesmin Nurjadin 09:37 WIB - Kapolda Riau Sambut Kedatangan Kepala Staf Angkatan Udara Beserta Rombongan di Prov. Riau 07:55 WIB - Kapolda Riau Pimpin Apel Pagi Di Halaman Mapolda Riau 07:40 WIB - Kapolda Riau Bersama Forkopimda Riau Menjemput Kedatangan Presiden Republik Indonesia 07:35 WIB - Kapolda Riau Hadiri Perayaan Natal Keluarga Besar Polda Riau Di Hotel Furaya Pekanbaru
 
Polsek Bukitraya Bekuk Pelaku Modus Gembos Ban
Reskrim | Minggu, 04-03-2018 - 16:14:06 WIB
Penulis: AEP

TERKAIT:
 
  • Polsek Bukitraya Bekuk Pelaku Modus Gembos Ban
  •  

    Tbnewsriau  - Polsek Bukitraya Polresta Pekanbaru berhasil membekuk pelaku Pencurian dengan pemberatan (Curat) dengan modus gembos ban.


    Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto SIK SH MH melalui Kapolsek Bukitraya Kompol Pribadi SH didampingi Kasubag Humas Polresta Pekanbaru Iptu Polius Hendriawan dalam Press Rilis, Sabtu siang (3/3/2018) di Mapolsek Bukitraya menjelaskan, pelaku tersebut melancarkan aksinya menggunakan modus gembos ban kendaraan.

    "Kejadian pencurian dengan pemberatan ini terjadi pada Selasa 27 Februari 2018 di jalan Tuanku Tambusai depan toko ban DS Whell. Kejadian tersebut dilakukan oleh tersangka D dan T, dimana yang bersangkutan berasal dari Sumatera Selatan dan Bengkulu," ujar Kompol Pribadi.

    Adapun cara pelaku dalam melakukan kejahatannya ini adalah dengan cara menggemboskan ban nasabah bank, dimana nasabah bank saat itu usai mengambil uang di BNI 46 di jalan Jenderal Sudirman telah diintai oleh pelaku T menunggu di depan bank.

    "Sedangkan tersangka D dan H otak dari pelaku ini menunggu lebih kurang 500 meter dari TKP dan apabila melihat ada sasaran tersangka T ini menyampaikan lewat telepon kepada rekannya satu lagi. Kemudian mengikuti korban dari belakang. Setelah diikuti dari belakang, saat tiba di lampu merah di Jalan Jenderal Sudirman depan Mapolda, tersangka telah mempersiapkan sendal jepit yang telah dimodifikasi berisi paku didalamnya. Apabila pakunya sudah masuk kedalam ban mobil, mulai bannya gembos. Kemudian setelah berhenti di lampu merah, pelaku langsung melengketkan kakinya yang berisi paku tadi pas didepan ban. Apabila lampu hijau hidup, ban akan bergerak maju dan saat itu pelaku mendengar angin ban mulai keluar, lalu mengikuti mobil tersebut dari belakang," urai Kompol Pribadi.

    Kata Kompol Pribadi, sampai di jalan Tuanku Tambusai lebih kurang 2 kilometer didepan toko DS Whell, tersangka memberitahu kepada sopir mobil yang membawa uang Rp 150 juta ini, ada ban kempes.

    Lalu, si sopir turun, lalu tersangka T kedepan. Kemudian tersangka H dan D tadi apabila si sopir kebelakang sebelah kiri, lalu tersangka ini langsung membuka pintu sebelah kanan dan menarik tas berisi uang yang ada didalam mobil tersebut. Lalu, si sopir melihat sepintas dan mengejar sempat tarik-tarikan, selanjutnya menyampaikan kepada warga yang tidak jauh dari lokasi kejadian dan ada tim opsnal kita yang saat itu lagi patroli langsung melakukan penangkapan.

    "Melihat tersangka atau temannya itu ditangkap, tersangka T balik lagi dan langsung ditangkap oleh anggota kita. Namun tersangka H otak dari pelaku ini dapat melarikan diri dengan sepeda motornya. Disitu kita melakukan penangkapan, kemudian Barang Bukti dan mobil kita bawa, langsung kita lakukan pengembangan," kata Kompol Pribadi.

    Setelah kita kembangkan, sambung Kompol Pribadi, terungkap ada 2 TKP lagi yang mereka lakukan yaitu TKP di jalan Jenderal Sudirman depan Sudirman Square dengan nilai Rp 80 juta dan juga ada didalam saku tersangka paku dan mereka mengakuinya. Kemudian TKP di jalan Soekarno Hatta dengan nilai Rp 100 juta.

    "BB kendaraan yang diamankan ini merupakan milik tersangka hasil pencurian uang tersebut dibelikan kendaraan. Untuk TKP ketiga, mereka melakukan aksinya berjumlah 5 orang. Dua orang sudah kita tangkap dan tiga orang lagi DPO. Hasil tersebut mereka kirimkan ke isterinya di Sumsel dengan bukti pengiriman," tutup Kompol Pribadi.

    Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto SIK SH MH melalui Kapolsek Bukitraya Kompol Pribadi SH mengimbau kepada masyarakat atau nasabah bank untuk berhati-hati dan meminta pengawalan kepada pihak kepolisian apabila usai melakukan penarikan uang di bank.

    "Untuk tersangkanya yang berhasil diamankan yakni DI (26) dan TMS (24). Pasal yang diterapkan adalah 363 ayat (1) KE-4 KUHPidana dengan ancaman hukuman selama tujuh tahun penjara," jelas Kompol Pribadi.

    Adapun Barang Bukti yang diamankan yakni 1 buah tas ransel merk GT Radial warna hitam yang berisikan kantong asoy warna hitam berisi uang tunai sebesar Rp 150 juta dengan pecahan uang sebesar Rp 100 ribu sebanyak 1.499 lembar, uang sebesar Rp 50 ribu sebanyak 2 lembar. Lalu 1 unit sepeda motor merk Suzuki Satria FU 150 warna hitam BM 6326 FH, 1 buah potongan kecil besi yang terbuat dari rangka payung ukuran 1,5 cm, 1 unit Handphone merk Samsung warna putih model SM-8109E, 1 lembar STNK dan BPKB sepeda motor Suzuki Satria FU, 1 unit mobil Toyota Innova warna abu-abu metalik BM 222, 1 buah ban mobil merk Bridgestone, 1 buah dompet merk Caliber warna coklat yang berisikan kartu ATM Bank BRI dengan isinya sebesar Rp 233 ribu milik tersangka.



     
    Berita Lainnya :
  • Reskrim Um
    Tiga Tersangka Perusakan Bendera Partai Di Pekanbaru Telah Ditahan
  • Humaniora
    Kapolda Riau Hadiri Peresmian Mako Lanud Roesmin Nurjadin
  • Humaniora
    Kapolda Riau Sambut Kedatangan Kepala Staf Angkatan Udara Beserta Rombongan di Prov. Riau
  • Humaniora
    Kapolda Riau Pimpin Apel Pagi Di Halaman Mapolda Riau
  • Nasional
    Kapolda Riau Bersama Forkopimda Riau Menjemput Kedatangan Presiden Republik Indonesia
  • Humaniora
    Kapolda Riau Hadiri Perayaan Natal Keluarga Besar Polda Riau Di Hotel Furaya Pekanbaru
  • Reskrim
    Terseret Arus Saat Berenang, Warga Desa Koto Tibun Tenggelam di Sungai Kampar
  • Reskrim
    Jasad Korban Tenggelam Di Desa Empat Balai Kuok Akhirnya Ditemukan Tim Gabungan
  • BinKam
    Kapolda Riau Hadiri Acara Apel Gelar Pasukan VVIP Kunjungan RI 1
  • Giat Ops
    Kapolda Riau Buka Latihan Pra Operasi Muara Takus 2018
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Senin, 17-Desember-2018 | Jam Digital
    © 2015 TRIBRATA NEWS RIAU, All Rights Reserved
    replica handbags replica watches uk